Makanan Khas Jawa Yang Bisa Bikin Ketagihan

Makanan Khas Jawa Yang Bisa Bikin Ketagihan

 

 

Makanan khas daerah memang sangat menggoda untuk dicoba, apalagi kalau kita sedang berkunjung kedaerah tersebut pasti kurang pas kalau gak nyobain makanan khasnya. Nah, kali ini misalnya kamu ingin berkunjung kedaerah Jawa, kamu yang belum terlalu mengenal jawa pasti masih merasa bingung apa aja sih makanan khas dari Jawa itu?

Makanan khas dari Jawa itu banyak banget lho, makanan ini juga beragam rasa dan bahan yang digunakan untuk membuatnya. Makanan ini jawa ini bisa ditemukan dimana saja tidak harus pergi ketempat asalnya, bahkan jika ingin kamu bisa kok memesan menu khas Jawa itu untuk acara penting seperti pernikahan berupa prasmanan atau acara syukuran yang biasanya dikemas dalam box yang bisa disebut nasi box dengan menu khas Jawa.

Nah, untuk kalian anak perantau yang sedang merantau di Jawa dan masih bingung mengenai menu makanan yang recommended khas Jawa simak informasinya dibawah ini ya.

 

Nasi Gandul

 

Berasal dari Jawa Tengah nasi yang sekilas mirip dengan semur namun nasi yang satu ini tergolong unik karna disajikan dengan daun pisang dan makannya tidak menggunakan sendok, namun dengan daun pisang yang dijadikan sebagai sendok atau biasa disebut suru. Untuk lauk yang digunakannya bermacam-macam, ada telur, tempe, sampai jeroan ayam tersedia disini.

Sroto Purbalingga

 

Sroto menjadi salah satu makanan terlaris dari Jawa Tengah, karna memiliki citarasa tersendiri. Salah satu ciri dari sroto ini ialah taburan kacang dan kerupuk putih diatasnya, maka dari itu ada salah satu jenis sroto khas dari Purbalingga yang paling terkenal yaitu soto kriyik karna saat saat dimakan berbunyi kriyik-kriyik.

Tahu Petis

 

Tahu petis ialah tahu pong yang digoreng lalu dibagian tengahnya dipotong dan diisikan dengan bumbu petis yang berupa saus hitam yang dimakan bersama dengan cabai hijau. Tahu Petis ini berasal dari Semarang, sangat cocok dijadikan menu bersantai.

Gado-gado

 

Makanan khas Jawa Timur ini pasti sudah tidak asing lagi bukan. Gado-gado ini terbuat dari sayuran yang direbus lalu ditambah dengan tempe, tahu, lontong, dan disiram dengan bumbu kacang. Jika ingin tambah enak kamu bisa tambahkan kerupuk diatasnya.

Rujak Cingur

 

Makanan khas Jawa Timur yang terbuat dari cingur atau mulut sapi, memiliki rasa yang sangat enak jika diolah dengan baik. Didalam rujak ini tidak hanya cingur saja, tetapi menggunakan sayuran, tahu dan tempe sebagai pelengkap.

Empal Gentong

 

Makanan khas Jawa Barat, dinamakan empal gentong karna tempat untuk menaruh empal gentong ini lebih terkenal dengan nama gentong. Bahan utama yang digunakan ialah daging sapi, usus, dan juga babat.

Itudia beberapa menu makanan khas Jawa yang akan membuat kamu ketagihan saat memakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 − seven =