Makna Aksesoris Dalam Pelaminan Adat Jawa

Makna Aksesoris Dalam Pelaminan Adat Jawa

weddingorganizerjakarta,paketpernikahanmurahdijakarta,paketpernikahanmurahdijakarta,paketweddingmurahjakarta,cateringpernikahanjakarta,paketpernikahanjakarta,weddingpackagejakarta,weddingpackagejakarta2018,paketpernikahanmurahdihoteljakarta,weddingorganizerjakartamurah,cateringweddingjakarta,paketpernikahandijakarta,paketpernikahanmurah2018dijakarta,paketweddingmurahdijakartapaketpernikahanmurahjakarta,paketweddingmurahjakarta2018,weddingpackagejakartamurah

 

Pelaminan menggunakan adat jawa merupakan salah satu pilihan yang sering di ambil oleh mereka yang berasal dari jawa atau sudah lama bertempat tinggal di jawa. Konsep pelaminan jawa yang sangat khas merupakan salah satu unsur kebudayaan jawa yang banyak di munculkan dalam resepsi pernikahan.

Untuk urusan pelaminan adat jawa kamu bisa menyerahkannya langsung kepada ahli adat atau wedding organizer Jakarta yang kamu percaya. Sedangkan aksesoris atau hiasan jawa sendiri di bagi menjadi 2 bagian, yang pertama ialah aksesoris utama yang hampir selalu di pakai dalam pelaminan jawa. Yang kedua ialah, aksesoris yang jarang atau terkadang saja di gunakannya.

 

Berikut ini beberapa aksesoris adat jawa utama yang harus ada dalam pelaminan :

Gebyok

Gebyok merupakan jenis papan besar yang di penuhi ukiran dengan bentuk pintu dan jendela yang di mana gebyok sendiri merupakan rumah khas jawa. Gebyok biasanya terbuat dari kayu jati yang berkualitas yang dihiasi dengan ukiran untuk menambah kesan mewah, bagian ini merupakan bagian yang inti dan dasar yang akan terlihat dari pelaminan jawa.

Hiasan bunga yang memenuhi semua bagian atas Gebyok

Bunga-bunga ini biasanya terdiri dari berbagai macam warna dan jenis yang ditata sedemikian rupa untuk menambah keindahan pelaminan. Karna saking banyaknya bunga yang di gunakan, bagian atas dari gebyok sering kali tertutupi sehingga yang Nampak jelas hanya 2 pintu dari gebyok.

Makna yang tersimpan di balik rangkaian dan taburan bunga ini ialah keharuman serta keharmonisan yang di harapkan untuk terus menyertai pasangan pengantin dalam mengarungi kehidupan rumah tangga.

Aneka lampu yang hias yang di gantung di hampir seluruh bagian pelaminan

Lampu hias ini umumnya di gantung di bagian-bagian inti untuk menciptakan nuansa pencerahan yang menarik, sehingga perhatian tamu undangan bisa fokus terhadap kedua mempelai. Lampu yang di pilih pun bukan sembarangan lampu, tetapi lampu tradisional yang bisa menambah nuansa adat jawa pada pelaminan.

Adapun makna dari lampu hias yang bergelantungan ini ialah suatu harapan semoga kedua mempelai selalu diterangi dengan kebahagiaan.

Aksesoris rangkaian berbagai buah dan sayur yang biasanya di letakaan di kedua sisi kursi mempelai

Sayur dan buah dengan kualitas terbaik disusun dan dirangkai sedemikian rupa menggunakan kerangka janur kuning, sehingga terlihat indah saat di padukan. Buah dan sayur yang biasanya di guankan ialah pisang, apel, nanas, tomat, mentimun, anggur, rambutan, dan lainnya.

Makna dari susunan buah dan sayuran ini ialah harapan supaya kedua mempelai selalu di limpahkan kemakmuran harta.

Nah, jika kamu belum terlalu memahami hal-hal ini kamu bisa bertanya dan berkoordinasi dengan pihak paket wedding murah Jakarta yang kamu pilih untuk mempermudah apa saja yang harus di persiapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *