Yuu Simak Sebelum Kamu Memberikan Seserahan

Yuu Simak Sebelum Kamu Memberikan Seserahan

 

Saat prosesi seserahan, calon pengantin pria akan datang kerumah calon pengantin wanita bersama dengan keluarga besarnya untuk bertamu mengutarakan niatnya kepada tuan rumah untuk menikahi putrinya. Seperti pada umumnya orang bertamu, kedatangan keluarga pria tentunya bukan dengan tangan kosong, tetapi membawa bingkisan seserahan yang di bawa oleh satu persatu sanak keluarga.

Isi dari seserahan yang di bawa pun beragam seperti pakaian, kosmetik, sepatu, tas, bisa juga makanan. Pemberian seserahan saat lamaran ini di maknai untuk mengikat sang gadis yang akan segera menikah.

 

Sesuai Adat Seserahan Tidak di Lakukan Sekali Saja

Menurut adat pemberian seserahan memang tidak di lakukan sekali saja, masih ada bingkisan seserahan lainnya yang harus di siapkan. Seperti di adat Jawa, pada saat malam midodareni keluarga pria akan datang mengunjungi kediaman wanita untuk memberikan seserahan yang isinya pun tidak jauh beda dari seserahan biasanya.

Hampir mirip dengan malam midodareni, di adat sunda pun ada yang namanya ngeyeuk seureuh yang sering di lakukan beriringan dengan seserahan.

 

Tapi Zaman Sekarang Seserahan Lebih Sering di Lakukan Sekali Saja Supaya Praktis

Akan tetapi perputaran waktu pun ternyata mengubah waktu seserahan. Menjunjung nilai kepraktisan supaya efisien membuat seserahan tidak lagi terikat pada tradisi. Seserahan yang biasanya di lakukan 2 kali saat lamaran dan saat midodareni ( dalam adat Jawa ), kini hanya di berikan satu kali saja pada acara lamaran.

Tetapi untuk pasangan calon pengantin yang ingin memberikan seserahan walaupun tidak menjalankan midodareni biasanya akan mengatur waktu di sela acara akad nikah. Setelah acara akad nikah selesai biasanya di lanjutkan dengan seserahan beserta pemberian mahar yang di berikan oleh calon pengantin pria.

Dengan alasan supaya tidak repot, seserahan bisa di berikan saat acara lamaran saja. Saat akan nikah di langsungkan, cukup dengan memberikan mahar saja tanpa di repotkan dengan seserahan lagi, jadi seserahan hanya di lakukan sekali saja saat lamaran.

 

Menanggapi mengenai seserahan ini, tiap pasangan calon pengantin pastinya memiliki tanggapan yang berbeda. Sebenarnya ini tergantung dari biaya yang kamu miliki, jika memang kamu memiliki anggaran yang lebih untuk membawakan seserahan 2 kali maka tidak masalah untuk melakukannya. Akan tetapi jika calon mempelai pria dan keluarganya hanya mampu memberikan seserahan sekali saja ini pun tidak masalah.

Itudia sedikit penjelasan mengenai seserahan sebelum pernikahan. Biasanya memang orang-orang atau pasangan pengantin yang akan menikah membawa seserahan itu saat lamaran dan menjelang akad saat rombongan pengantin pria datang ke kediaman pengantin wanita. Istilahnnya biasanya di sebut dengan ngebesan, pada proses ini juga biasanya ada bingkisan yang di bawa seperti saat proses seserahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *