Kiat Sahur dan Berbuka Bagi Ibu Menyusui

Kiat Sahur dan Berbuka Bagi Ibu Menyusui

 

Menjalankan puasa bagi ibu menyusui memang sebenarnya tidak wajib jika tidak sanggup untuk menjalankannya, karna dikhawatirkan akan mengganggu kesehatan dari sibayi. Akan tetapi, jika kita masih yakin puasa yang dijalankan tidak akan memberikan dampak negatif kepada diri kita dan juga bayi kita, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menu buka puasa dan sahur bagi ibu menyusui.

 

Sahur

Menjalankan ibadah puasa bagi ibu menyusui memang tidak mudah. Hal ini disebabkan asupan makanna dan nutrisi yang diserap harus dibagi dengan anaknya yang sedang menyusui. Maka dari itu, ibu menyusui yang ingin menjalankan ibadah puasa jangan sampai melewatkan makan sahur.

Sahur yang dilakukan oleh ibu menyusui tidak boleh sembarangan, berikut ini tips sahur yang harus dipenuhi oleh ibu yang sedang menyusui.

  • Pilihlah makanan yang mencukupi kebutuhan 4 sehat 5 sempurna, komposisinya pun harus seimbang.
  • Selalu konsumsi sayur mayor saat sahur, hal ini dilakukan supaya tidak terjadi konstipasi.
  • Dianjurkan untuk meminum susu guna memberikan tenaga tambahan.
  • Menyesuaikan kadar gula darah ibu menyusui supaya tidak memberikan efek yang negatif pada kesehatan siibu.
  • Hindari mengkonsumsi makanan yang pedas dan perbanyak meminum air putih.

 

Berbuka Puasa

Untuk ibu menyusui buka puasa haruslah disegerakan, hal ini karna ibu menyusui harus mengisi tubuhnya dengan energi yang baru guna menggantikan energi yang telah hilang selama menjalankan ibadah puasa.

Berikut ini tips berbuka puasa bagi ibu yang sedang menyusui.

  • Mengawali berbuka dengan makanan dan minuman yang manis, akan tetapi kadar gula yang dikonsumsi harus disesuaikan dengan kondisi gula daraah yang dikandung oleh siibu. Selain itu, hindari juga meminum air dingin karna bisa menyebabkan kembung akibat dari kadar asam lambung yang meningkat setelah berpuasa.
  • Jangan langsung mengkonsumsi makanan berat, tujuannya supaya sistem pencernaan tidak dipaksa melakukan metabolisme yang berat setelah seharian tidak melakukan proses metabolisme.
  • Konsumsilah makanan dengan serat yang tinggi seperti sayur dan buah saat berbuka. Serat yang diserap oleh tubuh akan dicerna lebih lama, jika seperti ini berarti kita memberikan kesempatan pada tubuh untuk bekerja secara bertahap.
  • Jangan berbuka sampai kekenyangan.
  • Perbanyak meminum air putih dimalam hari.
  • Ibu menyusui bisa memakan cemilan dimalam hari dalam rentan waktu setelah sholat, tentunya dengan makanan ringan yang bergizi.

Kebutuhan gizi dan nutrisi selama menjalankan puasa bagi ibu menyusui memang harus lebih banyak karna harus dibagi dengan bayinya. Oleh sebab itu, menu buka dan sahur untuk ibu menyusui harus benar-benar diperhatikan supaya kebutuhan makanan untuk diri sendiri dan sibayi bisa terpenuhi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *