Makanan Yang Sebaiknya Dihindari Saat Sahur

Makanan Yang Sebaiknya Dihindari Saat Sahur

 

Sahur merupakan waktu yang sangat penting saat ingin menjalankan ibadah puasa. Yang harus diperhatikan saat makan sahur ialah menu sahur sederhana dan bergizi, supaya energi pada makanan bisa bertahan 12 jam kedepan selama menjalankan ibadah puasa.

Sehingga anda harus benar-benar memperhatikan jenis makanan apa saja yang harus dikonsumsi dan jenis makanan apa saja yang seharusnya dihindari. Nah, berikut ini beberapa jenis makanan yang harus dihindari saat makan sahur.

 

Kopi

 

Alasan mengapa kopi dihindari saat sahur ialah karna sifat dari kopi yang laksatif. Selain itu, sifat asam pada kopi dapat mengganggu kenyamanan pada perut. Komponen yang disebut chlorogenic acid yang dapat memicu naiknya kadar keasaman pada perut dan meningkatkan produksi asam lambung.

 

Karbohidrat sederhana

 

Jika anda mengkonsumsi karbohidrat kompleks, energi yang berasal dari makanan akan dilepaskan secara perlahan, sehingga anda bisa memiliki cadangan energi yang lebih banyak. Lalu apa yang terjadi jika anda mengkonsumsi karbohidrat sederhana lebih banyak? Anda bisa lebih cepat kenyang, tapi setelahnya anda cepat lapar kembali. Hal ini karna kinerja dari karbohidrat sederhana merupakan kebalikannya dari karbohidrat kompleks.

 

Makanan asin

 

Selain dapat menyebabkan hipertensi, makanan asin dapat membuat stimulasi rasa haus. Anda pastinya tidak ingin bukan merasa haus sepanjang hari karna habis memakan makanan yang asin. Jenis makanan asin yang memiliki kadar garam tinggi memang dapat memicu rasa haus, anda bisa mengurangi jumlah garam dan penyedap rasa.

 

Makanan pedas

 

Makanan pedas pun dapat memicu haus yang terus menerus. Selain itu, bagi penderita penyakit maagh disarankan untuk menghindari makanan pedas karna dapat membuat asam lambung menjadi naik. Dan bagi sebagian orang lagi makanan pedas akan membuat sakit perut.

 

Makanan yang berlemak tinggi

 

Makanan dengan lemak yang tinggi bekerja dengan 2 cara. Yang pertama ialah dapat menghambat dan memperlambat proses pengosongan perut sehingga memperburuk gejala sembelit, dan yang kedua ialah dapat mempercepat kerja sistem pencernaan sehingga menyebabkan diare. Efeknya sendiri tergantung dari tipe lamak apa yang dimakan dan kecenderungan reaksi anda terhadap makanan yang berlemak.

 

Pada saat sahur memang seharusnya kita sangat menjaga dengan baik apa yang kita makan. Karna apa yang kita makan saat sahu menjadi penentu kelancaran puasa kita, jangan sampai karna salah makan sahur eh jadi diare pas puasa.

Nah, beberapa makanan diatas memang seharusnya dihindari ya. Pokonya konsumsi saja makanan yang bergizi, supaya puasa tetap berjalan lancar sampai waktu Lebaran tiba. Dan pastikan apapun yang kita konsumsi dapat memberikan dampak yang baik untuk tubuh, jangan sampai malah menyebabkan penyakit bagi tubuh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *